Ciri - Ciri Tari Merak


  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3WjkUtyBQXfLBbVJTdPjRpNKyUI2rv1IgfYe3_Nrdrucpz5kjoYNxkTwFflp5YJxMjBNYA-2UOaRtDPVQ4yvZ-4yyi53Xn4EvDyFtHitCPgC_TRG6DWg8alR0ZPvvRJYb_1Yirp1KHFj0/s1600/www.mirnasuka.blogspot.com.jpg


Ciri- ciri tari merak   

·         Pakaian yang dipakai penarinya memiliki motif seperti bulu merak menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak; hijau biru dan/atau hitam dengan sepasang sayap yang menggambarkan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan dan mahkota yang dipasang di kepala setiap penarinya.
·         Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan.
·         Iringan lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul biasanya. 

Gerakan

Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Dan nilai keceriaan yang digambarkan dalam tari merak semakin jelas dengan penggunaan kostum yang digunakan oleh sang penari.

Kostum

Kostum tari merak adalah kostum yang berwarna – warni dengan aksesoris sayap burung merak yang bisa dibentangkan yang seluruhnya dihiasi payet dan hiasan kepala (mahkota) yang disebut “siger” dengan hiasan berbentuk kepala burung merak.

Iringan

Iringan lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul biasanya. Dalam adegan gerakan tertentu terkadang waditra bonang dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang,

 

0 komentar:

Posting Komentar