Fungsi Tari


FUNGSI TARI :

Adapun beberapa fungsi tari diantaranya adalah :

a. Seni tari sebagai sarana upacara

Tari dapat digunakan sebagai sarana upacara. Jenis tari ini banyak macamnya, seperti tari untuk upacara keagamaan dan upacara penting dalam kehidupan manusia, baik berupa, pernikahan, khitanan, bersih desa, pesta panen, ataupun upacara upacara adat lainnya.

b. Seni tari sebagai hiburan

Tari sebagai hiburan harus bervariasi sehingga tidak menjemukan dan menjenuhkan. Oleh karena itu, jenis ini menggunakan tema-tema yang sederhana, tidak muluk-muluk, diiringi lagu yang enak dan mengasyikkan serta kostum dan tata panggungnya dipersiapkan dengan cara yang menarik sehingga dapat menimbulkan rasa senang bagi penikmat.

c. Seni tari sebagai penyaluran terapi

Jenis tari ini biasanya ditujukan untuk penyandang cacat fisik atau cacat mental. Penyalurannya dapat dilakukan secara langsung bagi penderita cacat tubuh atau tuna wicara dan tuna rungu, dan secara tidak langsung bagi penderita cacat mental. Biasanya tari ini juga berfungsi untuk menambah rasa percaya diri bagi penderita cacat dan ajang pengembangan bakat bagi penderita.

d. Seni tari sebagai media pendidikan

Nilai-nilai keindahan dan keluhuran pada seni tari dapat dijadikan sebagai media pendidikan, seperti mendidik anak untuk bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang, menambah percaya diri dan untuk menambah kepekaan rasa seni bagi siswa didik serta menambah rasa cinta terhadap seni tradisi.

e. Seni tari sebagai media pergaulan

Seni tari adalah kolektif, artinya penggarapannya melibatkan beberapa orang sehingga dapat digunakan sebagai sarana pergaulan.

f. Seni tari sebagai pertunjukan

Tari ini sengaja digarap untuk dipertunjukan. Tari yang akan dipertontonkan lebih menitikberatkan pada segi artistiknya, penggarapan koreografi yang mantap, mengandung ide-ide, interpretasi, konsepsional, dan memiliki tema dan tujuan pementasan.

g. Seni tari sebagai media khatarsis

Khatarsis berarti pembersihan jiwa. Biasanya dilakukan oleh orang yang yang telah mencapai taraf atas dalam penghayatan seni.

1 komentar:

Posting Komentar